Friday, April 2, 2010

Lebih mengenal keunggulan dan kelemahan Facebook

temen teman yang lagi liat blog ini, tolong baca soalnya ini penting bagi pengguna facebook. facebook ini memiliki ke unggulan dan juga punya kekurangan. sebab keuntungannya adalah :

1. kita bisa menemukan saudara saudara saudara kita yang sudah lama tidak bertemu selama beberapa taun. soalnya aku liat di acara kabar sepekan tv-one ada keluarga yang beberapa tahun tak bertemu, dan kemudian 35 tahun kemudian bertemu gara gara adanya facebook

2. dari facebook kita bisa mempromosikan produk, jasa, atau barang.nah adajuga waktu pemilu legislatif kemaren, ada Caleg yang kampanye di facebook.

3. bisa mengobati rasa bosan. hal ini terbukti, karena kalau sudah selesai ujian, pasti anak anak sd, smp, sma, perguruan tinggi bilang ke mama sama papanya " ma, kan sudah selesai ujiannya, jadi bolehya main facebook "
nah kalau sama mama atau papa ga boleh pasti alesannya " kan untuk refershing, kan udah selesai ujiannya "

4. di facebook banyak permainan kaya Pet Society, Happy Island, Roller Coaster Kingdom, Pet Ville, Ninja Saga, Restaurant City, dan masih banyak lagi untuk menghapus kejenughan, dan keboringan dalam diri kita.

5. bisa mengetahui potensi diri kita, karena di facebook banyak kuis yang bermanfaat untuk mengetahui lebih banyak tentang siapa sih kita sebenarnya. Namun, kita juga harus tetap waspada, sebagian kuis yang terdapat dalam facebook mengandung unsur - unsur ramalan, dan sudah tentu anda paham bahwa percaya pada ramalan merupakan sebuah kesyirikan, dosa besar yang tidak akan diampuni oleh Allah

Dibalik keunggulannya, ternyata Facebook memiliki dampak samping.


1. Terbuangnya waktu. Pengguna Facebook enggan terlepas dari komputer, laptop, handphone, dan gadget yang mampu mengakses Facebook. Banyak waktu terbuang di depan komputer. Aturlah waktu Anda. Jangan sampai sia-sia hanya di depan komputer.

2. Hati-hatilah memasang status di Facebook. Ada tragedi yang menimpa seorang istri ketika mengganti statusnya menjadi single. Sang suami yang marah tanpa berpikir panjang langsung menghabisi sang istri. Dan hal ini telah terjadi 2 kali.

3. Hati-hatilah menaruh foto di Facebook. Yang namanya dunia internet, orang bisa melakukan bermacam-macam hal. Orang bisa meng-edit foto sedemikian rupa yang berbau negati dan menyebarkannya ke
forum atau milis. Hal ini bisa merusak nama yang terlibat. Belum lagi foto dapat memicu keributan.

Pasanglah foto di Facebook dengan bijak, karena tidak hanya Anda dan teman Anda saja yang bisa melihat. Semua orang di dunia bisa melihatnya, kecuali Anda men-setting foto Anda menjadi private, sehingga hanya orang-orang tertentu yang bisa melihat foto Anda.

4. Jangan menaruh sembarangan informasi pribadi. Banyak orang tidak menyadari bahaya menaruh informasi di internet. Dengan memberikan informasi tempat bekerja, nomer telepon, hingga alamat rumah, tentu dapat mengundang orang untuk berniat buruk. Bisa saja informasi tersebut dimanfaatkan untuk berbuat tidak baik. Jadi, taruhlah informasi yang umum. Jangan menaruh informasi pribadi di halaman Facebook Anda. Ingatlah bahwa tidak hanya teman Anda saja yang mengakses Facebook. Apabila Anda ingin informasi yang tertera aman dari orang-orang asing, aturlah agar hanya teman-teman Anda yang bisa mengakses Facebook Anda.

5. Diganggu orang tak dikenal. Banyak orang yang tidak berpikir panjang ketika menerima ajakan berteman dalam dunia jejaring sosial. Tanpa disadari, orang yang diterima menjadi teman bisa mengakses informasi yang tertera dalam halaman Facebook. Oleh karena itu jangan sungkan menolak ajakan teman dari orang yang tidak dikenal. Anda berhak menolak.

Walaupun hal ini terlihat sepele, namun mulai banyak kasus bermunculan karena Facebook. Bijaksanalah dalam menggunakan Facebook

0 comments:

Post a Comment